Inovasi Pemerintah Daerah


Inovasi Pemerintah Daerah ini merupakan instrumen untuk menjaring inovasi administrasi negara secara lebih luas. Tujuannya adalah untuk menyediakan bank data (koleksi rujukan/ kebijakan/ pedoman/ model) inovasi bidang administrasi negara yang selanjutnya dapat digunakan sebagai bahan inisiasi, imitasi dan replikasi inovasi.

Pengisian instrumen ini dilakukan oleh stakeholders yang telah berhasil melakukan inovasi. Stakeholders mencakup Kementerian/ Lembaga, Pemerintah Daerah, BUMN/ BUMD, Swasta, LSM/ NGO, dan masyarakat.

Kirim Inovasi
Displaying 1-10 of 43 results.
Kelompok Inovator Nama Instansi Nama Inovasi Deskripsi Jenis Inovasi  
 
Provinsi / Kabupaten / KotaPemerintah Kabupaten GarutSISTEM INFORMASI MANAJEMEN HUKUM (SIMHUK)

Adapun tujuan utama dari penyusunan inovasi ini antara lain sebagai berikut :

  1. Proses pengajuan dan penyusunan produk hukum daerah yang menekankan pada asas efisiensi dan transparansi;
  2. Mencapai terwujudnya proses penyusunan produk hukum daerah yang terencana, terpadu dan sistematis;
  3. Tertib administrasi dalam pengajuan dan penyusunan produk hukum daerah.

 

Hubungan
Provinsi / Kabupaten / KotaPemerintah Kabupaten GarutGarut Maghrib Mengaji (GMM)

Terwujudnya masyarakat Garut yang berupaya menerapkan nilai-nilai Islam dalam kehidupannya sehari-hari mulai pada tataran pribadi, keluarga, lingkungan dan negaranya.

Proses
Provinsi / Kabupaten / KotaPemerintah Kabupaten GarutRemaja Sehat Tanpa Anemia (RESTAN)

Melalui  kegiatan pemeriksaan hemoglobin remaja putri kelas 3 SMP sederajat diharapkan menjadi dasar pemikiran intervensi kegiatan pemberian tablet besi (Fe)  yang bertujuan untuk meningkatkan kesehatan remaja putri.

Proses
Provinsi / Kabupaten / KotaPemerintah Kabupaten GarutPelayanan Perijinan On Line (P2OL)

Badan Penanaman Modal dan Perijinan Terpadu berupaya untuk memberikan kemudahan pelayanan kepada masyarakat melaui Pelayanan Perijinan On Line ‘P2OL’ dalam arti memberikan kemudahan pelayanan, memberikan informasi pelayanan perijinan dan sekaligus melakukan pendaftaran pelayanan perijinan jarak jauh berbasis Website / Aplikasi, yang dapat dilakukan dan dijangkau oleh masyarakat dari jauh. Pelayanan perizinan on line (P2OL) diharapkan juga mampu memecahkan permasalahan jarak serta waktu tempuh dan mengurangi munculnya biaya tambahan dari suatu proses perizinan.

Proses
Provinsi / Kabupaten / KotaPemerintah Kabupaten GarutLAMOLING ( Layanan Mobil Keliling)

Untuk mempercepat dan memudahkan pelayanan perizinan ke pemohon yang berada di tingkat kecamatan    dengan   Layanan Mobil Keliling dapat meningkatkan jumlah masyarakat  yang dilayani sehingga lebih memudahkan akses masyarakat memperoleh pelayanan perizinan sehingga pada akhirnya kualitas pelayanan perizinan yang merupakan pendelegasian wewenang dari Bupati kepada  Kepala Badan Penanaman Modal dan Perizinan Terpadu dalam penyelenggaraan perizinan lebih optimal dapat dilaksanakan.

Produk
Provinsi / Kabupaten / KotaPemerintah Kabupaten GarutSiDul (Sistem Informasi Data untuk Penyuluh)

Aplikasi Digital Buku Saku Pintar Penyuluh Pertanian adalah suatu software offline yang membantu para penyuluh pertanian dalam merekap seluruh hasil database mengenai potensi suatu wilayah dengan akurat dan menggunkan waktu yang sangat singkat dalam menentukan hasil database potensi suatu wilayah

Teknologi
Provinsi / Kabupaten / KotaPemerintah Kabupaten GarutPenanganan Kehilangan Waktu dalam Usata Tani Padi Sawah (Lossing Time)

keunggulan :

  1. Meningkatkan Indeks Pertanaman (IP)
  2. Mengurangi pengeluaran biaya usata tani
  3. Mengatasi kehilangan waktu tanam
  4. Meningkatkan pendapatan petani
Metode
Provinsi / Kabupaten / KotaPemerintah Kabupaten GarutStrategi Peningkatan Pemahaman Kesehatan Reproduksi Remaja Melalui Layanan Informasi Berbasis Portal

Bidang Keluarga Berencana membuat Pengembangan sistem informasi yang menggunakan teknologi informasi berbasis portal  agar dengan mudah dan langsung  materi program KB dan Kesehatan Reproduksi Remaja dapat diakses oleh keluarga dan remaja pada umumnya dengan tidak lagi mengandalkan kunjungan dari para petugas KB yang jumlahnya semakin berkurang dan beban pekerjaannya semakin banyak.  Media penyuluhan tidak lagi dirasakan efektif  efeisien, mengingat jarak, waktu dan beban pekerjaan  sudah tidak lagi seimbang

Konseptual
Provinsi / Kabupaten / KotaPemerintah Kabupaten GarutGEMAGA (Gerakan Membaca Masyarakat Garut)

Keunggulan

  1. Merangkul masyarakat yang memiliki kegemaran membaca tinggi untuk menjadi duta perpustakaan.
  2. Membangun citra positif kepada masyarakat
  3. Meningkatkan partisipasi masyarakat dalam penyelenggaraan perpustakaan.
  4. Meningkatkan kunjungan pemustaka (dari rata-rata kunjungan 65 orang per hari di tahun 2015, menjadi 85 orang per hari di tahun 2016).
Proses
Provinsi / Kabupaten / KotaPemerintah Kabupaten GarutGARBRY (Garut Cyber Library)

Badan Perpustakaan dan Kearsipan Daerah kabupaten Garut membuat sistem pelayanan berbasis web dengan nama “Garut Cyber Library (Garbry)”. Sistem pelayanan ini dibuat untuk memudahkan proses pelayanan administratif perpustakaan, sehingga dapat meningkatkan efektifitas dan efisensi pelayanan kepada pemustaka, guna mendorong masyarakat untuk belajar sepanjang hayat dengan memanfaatkan perpustakaan.

Teknologi